Rabu, 20 April 2016

The Jungle Book


Judul: The Jungle Book
Judul Asli: The Jungle Book
Pengarang: Rudyard Kipling
Penerjemah: Anggun Prameswari
Penerbit: Penerbit Atria (2011)
ISBN: 978-979-02-4490-0
Jumlah Halaman: 246 halaman
Penerbitan Perdana: 1894



Lihat sinopsis
Bukit Batuan gempar! Mama dan Papa Serigala mengajukan seorang anak manusia untuk diasuh oleh mereka. Meskipun dengan berbagai pertentangan, Akela sang Pemimpin Serigala mengizinkannya, dengan jaminan sebuah lembu dari Bagheera, sang Macan Kumbang Hitam, dan pembelaan si Beruang Hitam Baloo, guru dari semua anak-anak serigala.

Namun Shere Khan, si Harimau Pincang tidak setuju karena anak manusia itu adalah buruannya. Itulah sebabnya, Mowgli si Katak, nama anak manusia itu, harus terus belajar agar ia berhasil bertahan hidup dan mengalahkan Shere Khan.

Tetapi, saat sebagian besar kawanan serigala mengusirnya, dapatkah Mowgli bertahan sendirian?



Buku Jungle Book ini adalah buku kedua dari Rudyard Kipling, setelah Kim (review di sini), yang sangat ingin kubaca. Namun, selalu tertunda-tunda, gara-gara berkali-kali tertidur entah kenapa, benar-benar berasa didongengin saat membaca buku The Jungle Book versi Puffin. Sampai akhirnya aku malah mendapatkan versi terjemahannya dari obralan Festival Buku Semarang kemarin. Versi terbitan Atria ini ternyata diterjemahkan dengan sangat bagus. Aku sudah suka sekali dengan gaya bahasa yang digunakan sejak mendapati Father Wolf di-Indonesiakan menjadi "Papa Serigala". Aih lucunya... :D

Cerita Jungle Book ini sendiri sebenarnya adalah kumpulan cerita Rudyard Kipling yang pernah dimuat berseri di sebuah majalah. Kupikir semua ceritanya ada benang merah dengan bocah manusia bernama Mowgli, ternyata hanya 3 cerita saja yang mengisahkan si bocah badung yang dibesarkan keluarga serigala, menjadi murid beruang madu dan dilindungi oleh si macan kumbang hitam itu.

Kisah pertamanya bertutur tentang bagaimana bayi Mowgli bisa sampai dibesarkan oleh keluarga Serigala dan asal-usul pertikaiannya dengan Shere-Khan. Meskipun dari bayi nyawa Mowgli sudah terancam oleh si macan, namun ia juga memiliki dua pelindung, Baloo si Beruang Madu dan Bagheera si Macan Kumbang, selain tentu saja, Papa dan Mama Serigala dan keenang saudara-saudara Serigalanya. Kisah kedua adalah tentang petualangan Mowgli saat diculik Raja Monyet dan dibawa ke sarangnya, sebuah kota kuno yang sudah tak berpenghuni. Sedangkan kisah ketiga adalah saat Mowgli berusaha hidup di tengah-tengah perkampungan manusia.

Tiga cerita lainnya berkisah tentang seekor anjing laut, seekor mangoose (luwak??) dan gajah-gajah yang menari di bukit. Kisah-kisah Mowgli semuanya sangat kusukai, tapi yang jadi favoritku malah petualangan Rikki-Tikki-Tavi, si mangoose yang bertarung melawan sepasang ular kobra bernama Nag dan Nagina peliharaan asrama Slytherin.

Satu hal lagi, ilustrasi covernya juga unyu bingit!! Aku sukaaaa.... etapi kenapa Shere-Khan si macan ikutan nampang juga ya? ;)


The Movie

Bulan April ini, pas Disney mengeluarkan film The Jungle Book. Kisahnya diangkat dari dua petualangan Mowgli di buku (dengan perubahan di sana sini), yaitu kisah pertama, di mana keberadaan Mowgli membuatnya bermusuhan dengan Shere-Khan, dan kisah kedua, petualangannya saat "diculik" Raja Orangutan. Tentu saja dengan banyaaaaaak dramatisasi dan disney-nisasi. Tapi hasilnya memang sangat bisa dinikmati untuk semua kalangan, dari anak-anak sampai orang gedhe. Akting si cilik Neel Sethi dalam memainkan Mowgli lumayan mengagumkan. Ditambah barisan pengisi suara yang mumpuni seperti Bill Murray, Ben Kingsley, Scarlet Jo, Idris Elba dan Lupita Nyong'o. Special FX dan teknologi CGI yang amat sangat apik mampu menyihir para penonton sepanjang film.






Tentang Pengarang:

Joseph Rudyard Kipling (30 December 1865 – 18 January 1936) adalah penulis asal Inggris kelahiran Bombai, India. Karya fiksinya termasuk The Jungle Book (1894), Kim (1901), dan banyak cerita pendek seperti The Man Who Would Be King (1888) dan Just So Stories (1902). Sedangkan puisinya yang banyak dikenal adalah Mandalay (1890) dan If—" (1910). Ia dikenal sebagai inovator besar dalam seni penulisan cerita pendek, khususnya dalam khazanah literatur buku anak-anak klasik.

Kipling adalah salah satu penulis puisi dan prosa paling populer di UK pada akhir abad 19 -  awal abad 20. Di tahun 1907, saat berumur 41, ia dianugrahi Nobel Prize dalam bidang Literature, membuatnya menjadi penulis berbahasa Inggris pertama yang menerima penghargaan ini, dan juga penerima paling muda hingga saat ini. Ia juga didengungkan akan menerima British Poet Laureateship dan beberapa kali akan dinobatkan menerima knighthood, yang sayangnya keduanya ia tolak.

Setelah kematian istrinya di tahun 1939, rumah Kipling, Bateman's di Burwash, East Sussex, South East England, di mana ia menghabiskan hidupnya antara tahun 1902 sampai 1936, diserahkan kepada National Trust dan sekarang menjadi public museum yang didedikasikan kepada sang Penulis.


https://www.goodreads.com/review/show/1608854301

4 komentar:

  1. Kayak didongengin ya? Asyik atuh.. bisa berimajinasi dengan polosnya khas anak-anak. Nostalgia cerita anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memang kisah ini bisa jadi nostalgia dongeng anak-anak :D

      Hapus
  2. Aku... aku... aku...! Sudah nonton film nya di bioskop! hihi... Bagus banget cerita anak ini bisa dinikmati bersama anggota keluarga yang lain. Ini reviewku tentang film The Jungle Book: Review Film The Jungle Book: Ciri dan Sisi Baik Manusia
    Aku setuju banget, bukunya ilustrasinya lucu, filmnya lagi makin kereeen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bw ke sana... ripiunya seger banget. postingan lainnya jugaaaa.... *jempol*

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Recent Pages

Recent Posts Widget